5 Rahasia fresh graduate langsung diterima kerja

 Teruntuk semua fresh graduate yang resah dengan segala kabar burung di luar sana tentang bagaimana susahnya fresh graduate ini mendapat pekerjaan, kami telah merangkum beberapa tips dan rahasia agar kamu cepat dapat pekerjaan, nih! Bisa juga diterapkan bagi yang baru saja resign atau keluar dari pekerjaan sebelumnya. Sssst, ini rahasia untuk kita saja, yuk disimak!



1. Siapkan CV 


Bagian penting dan paling utama untuk melamar pekerjaan adalah CV. Perlu disimak, terdapat beberapa perusahaan yang tertarik dengan CV kamu yang didesain sedemikian rupa, namun ada juga yang hanya menerima CV polos tanpa desain. Dan diusahakan dibuat se-sederhana mungkin ya, karena recruiter akan semakin malas membaca CV kamu jika terlalu panjang dan mencakup beberapa hal tidak penting. Apa itu CV? 

2. Kenali Lebih Jauh Perusahaan Idamanmu

Setiap perusahaan pastinya memiliki persyaratan dan tingkat kesulitan yang berbeda, jangan sampai kamu melamar tanpa mengenali perusahaaan itu sendiri. Perhatikan perusahaan tersebut bergerak dalam bidan apa, visi misinya apa saja, semakin banyak wawasan kamu mengenai perusahaan, akan semakin banyak peluang kamu masuk perusahaan tersebut, lho! Karena dalam setiap wawancara, pasti terdapat pertanyaan seperti "Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini?" "Menurut anda, perusahaan kami bergerak dalam bidang apa?" Kamu bisa mencari tahu juga dengan menilai dari situs perusahaan tersebut atau bertanya pada kerabat.

3. Perbanyak relasi




Manusia adalah makhluk sosial yang tentunya membutuhkan manusia lain, seperti contohnya dalam dunia pekerjaan. Semakin banyak relasi kamu, maka akan semakin mudah untuk diterima dalam sebuah perusahaan. Salah satu cara agar memperluas relasi adalah dengan membuat akun LinkedIn lalu mengisi data diri hingga mencari teman didalamnya. Semakin banyak skill yang kamu punya, maka semakin banyak recruiter yang akan berkunjung ke laman LinkedIn kamu, lho!

4. Perhatikan Penampilan


Tak jarang atau bahkan hampir seluruh perusahaan akan menempatkan syarat good looking sebagai syarat utama agar dapat diterima. Good looking disini tidak harus dengan wajah rupawan, namun dengan berpenampilan rapi dan menarik, memiliki manner/basic attitude. Untuk wanita, dikhususkan agar selalu memakai polesan wajah, dan parfum sangat berperan penting untuk menambah kenyamanan rekan kerja atau customer itu sendiri.

5. Wawancara


Selain CV, wawancara juga merupakan bagian krusial dalam melamar pekerjaan, nih! Wawancara atau interview biasanya memiliki dua tahap, yaitu interview HRD dan interview user, tergantung kebutuhan perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Sebelum mulai wawancara, biasanya akan ada arahan untuk menunggu dipanggil, atau mengisi daftar kehadiran di resepsionis. Setelah masuk kedalam giliranmu, kamu akan ditanyakan beberapa pertanyaan basic hingga pertanyaan yang menjebak. Jangan lupa persiapkan diri agar dapat menjawab pertanyaan dengan lancar tanpa terlihat gugup.

Baca juga: Ciri-ciri kamu ditolak setelah interview kerja.

                  Tips jitu wawancara anti gugup.


Penulis: Aina Inayatushofa.

Comments

Popular Posts